Lompat ke konten
Beranda » Nikmat Apakah Yang Paling Besar Setelah Mendapat Hidayah Islam?

Nikmat Apakah Yang Paling Besar Setelah Mendapat Hidayah Islam?

NIKMAT APAKAH YANG PALING BESAR SETELAH MENDAPAT HIDAYAH ISLAM?

Umar bin Khattab radhiyallahu Ta’ala ‘anhu di riwayat mengatakan,

ما أعطي العبد بعد الإسلام نعمة خيراً من أخ صالح

“Tidaklah seorang hamba diberi kenikmatan yang lebih baik setelah hidayah Islam, setelah hidayah hijrah melebihi saudara atau sahabat yang shalih/shalihah.” (Quutul Qulub 2/17)

Jadi setelah kita mendapat hidayah, setelah kita berhijrah, setelah kita bertaubat, setelah itu nikmat yang paling besar bukanlah uang, bukanlah pekerjaan. Namun nikmat yang paling besar setelah mendapat hidayah adalah sahabat yang shalih/shalihah dan ini yang mengatakan adalah Umar bin Khattab, sosok yang diminta oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wa Sallam untuk diikuti,

اقتدوا باللذين من بعدي أبي بكر وعمر

“Ikutilah dua sosok setelah aku wafat yakni Abu Bakar dan Umar bin Khattab.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Maajah, hadits ini shahih)

Tidak ada nikmat yang lebih indah setelah mendapat hidayah, kecuali memiliki sahabat yang shalih/shalihah dan itulah yang diminta oleh Ulama di dalam hadits ini.

Umar bin Khattab radhiyallahu Ta’ala ‘anhu kemudian melanjutkan,

فَإذا وَجَدَأَحَدُکُمْ ودَّاًمِنْ أَخِيْهِ فَلْيَتَمَسَّكْ بِهِ (Quutul Qulub 2/17)

Oleh karena itu apabila salah seorang dari kawan mendapatkan cinta yang tulus dari sahabat dan saudaranya yang shalih, maka pegang erat-erat orang tersebut, pegang erat-erat cintanya, jangan sampai dilepas, jangan sampai kita lalaikan, jangan sampai kita remehkan karena itu nikmat yang paling besar.

Sahabat atau sosok shalih yang kita kenal dekat dan kalau kita mendapatkan orang yang perhatian, orang yang sayang, orang yang mencintai diri kita karena Allah, bila mendapatkan sosok shalih/shalihah yang seperti itu pegang erat-erat, jangan pernah dilepas dan jangan sampai kufur nikmat.
*
👤 Pemateri: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, Lc. hafizhahullahu Ta’ala

📖 Kajian Kitab: Riyaadhush Shalihiin

🎧 Judul Kajian: Taubatnya Sang Pembunuh Berdarah Dingin #2

✍️ Penulis: Al-Faqiiroh ilaa Mardhooti Robbihaa, Prita Hastari

🔗 URL: www.catatankajian.com/nikmat-apakah-yang-paling-besar-setelah-mendapat-hidayah-islam

Prita Hastari
Author: Prita Hastari

Jazaakumullahu khairan telah membaca tulisan-tulisan yang ada di website ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Jadilah perantara kebaikan dengan turut serta membagikan atau menyalin tulisan yang ada dalam website ini, silakan disebarluaskan melalui akun media sosial yang Anda miliki. Semoga siapapun yang turut serta dalam menebar kebaikan juga turut mendapatkan pahalanya. Barakallahufiikum

  • https://youtu.be/eqIC2j4T4IA