Posted in Akhlak
Comments Post a Comment

Luarnya yang Bagus – Ustadz M Abduh Tuasikal

Abu hurairo rodiyallahu anhu atau Abdurrahmanbi saham pernah menyebutkan hadits dari Nabi salallahu ‘aliai wa sallam : ‘innallaha yan dzuru ila ajaza ukum… sodrihi’
Hadits di riwayatkan oleh imam muslim yaitu Allah sesungguhnya tidak melihat kepada jasad kalian tidak melihat juga pada amalan kalian, namun yang Allah subhana wa ta’ala lihat atau yang Allah perhatikan adalah pada hati kalian, dalam riwayat lain ditambahkan dengan ‘amalikum yaitu pada amalan kalian. lalu nabi sallalahu ‘alaihi wa sallam berisyarat pada dengan jarinya, pada dadanya.

hadits dari abu huroiroh ini menunjukan faedah kepada kita dua hal yang bisa disimpulkan, ternyata kita tidak hanya memperhatikan amalan kita yaitu amalan luar tidak memperhatikan casing kita saja, casing luar namun yang patut di perhatikan pula itu adalah hati kita.

hati ini juga mesti diperhatikan tidak cukup kita memperbagus, lahiriyah bacaan Al-qu’an kita ketika kita baca, ruku sujud kita ketika kita sholat, hendaklah kita perhatikan pula amalan batin kita.
dan poin kedua yang bisa kita lihat disini, masalahnya amalan batin ini tidak bisa kita nilai, amalan batin ini kita tidak bisa tahu pada seseorang, sehingga kita tidak bisa katakan orang itu hatinya baik karena dia terbungkus dengan casing, yaitu casing luar.

maka yang jadi perhatian kita tetap kita menilai juga dari lahiriyah dan ketika kita menilai batin seseorang. lihat ini kita memperaktekan orang lain, menyikapi orang lain maka tetap tidak bisa kita menilainya.
hidup bagi diri kita, kita tetap berusaha memperbaiki batin kita, disamping lahiriyah kita. namun, untuk orang lain kita cuman bisa menyikapi mereka secara lahiriyah saja.

sehingga disini pelajaran penting yang bisa kita ambil. jangan berlebihan terhadap seseorang.
kita bisa nilai lahiriyahnya namun batinnya tidak bisa kita ketahui. kita bisa menilai casingnya bagus namun bagaimna jeruannya, bagiann dalamnya tidak bisa kita ketahui maka pemirsa untuk diri kita, marilah memperhatikan amalan lahiriyah juga amalan batin kita, kalau kita menyikapi orang lain kita cuman bisa menilai lahiriyah nya saja.
sedangkan batinnya kita serahkan kepada Allah subhana wa ta’ala.
kecuali batinnya dia ungkapkan baru kita tahu dia itu orang ria, dia itu orang bertakwa, dia itu orang sholeh ataukah tidak!
demikian!
pemirsa sekalian, mudah-mudahan bermanfaat tausiyah yang singkat ini..
wa bilah taufik.
assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa bara katuh

Durasi: 00:04:35
Pencatat: Khoir Bilah on 13 April 2016
Editor:

Leave a Reply

Scroll to top
Shares
%d bloggers like this: