Seni Berbakti Kepada Orang Tua – Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Saudaraku seiman, semua dari kita mempunyai orang tua. Didalam Islam. Saking dan sangat di wajibkan untuk berbakti kepada Orang tua.

Allah berfirman di dalam Al qur’an,

 

Artinya:

Allah swt rab kalian mewajibkan atas kalian agar tidak beribadah kecuali kepadanya dan berbakti kepada kedua orang tua. Kalau seandainya salah satu atau kedua-duanya dari orang tua tersebut dalam masa tua di dalam pemeliharaan maka janganlah katakana perkataan “UHF”. Dan katakanlah kepada mereka berdua perkataan yang baik.

 

Dalam ayat ini, bapak-ibu, saudara-saudari yang di rahmati Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita di wajibkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk berbakti kepada orang tua. Dan berbakti kepada kedua orang tua mempunyai seni. Bagaimana kita mengambil hati mereka, agar senantiasa tidak sedih, agar senantiasa mereka tidak marah, terkadang orang tua mereka, menginginkan sesuatu tetai, Dia malu untuk mengatkan kepada kita, terkadang orang tua kita ingin makan ini, ingin minum, tetapi dia malu atau gengsi untuk mengatakan kepada anaknya. Maka pintar-pintarlah kita sebagai anak untuk mengetahui apa yang membuat orang tua bahagia gembira. Sehingga mereka benar-benar merasa bahagia, merasa nyaman hidup di tengah-tengah kita.

 

Dan ada sebuah riwayat menarik, yang mudah-mudahan riwayat ini yang di inspirasi saya dan seluruh anak-anak muslim yang mempunyai orang tua agar senang tiasa mewujudkan baktinya kepada orang tua. Dalam keadaaan dan dalam keadaan apapun. Sehingga orang tua ridho kepada kita.

 

Riwayat ini disebutkan oleh ibnu katsir di dalam kitab tafsirnya dan juga imam ibnu jari aththobrani di dalam kitab tafsirnya. Bahwa ada seorang yang di Tanya oleh Abdullah bin umar ra.

 

Abdullah bin umar ra bertanya: “Apakah kamu takut terhadap neraka untuk memasukinya?”

Orang  tersebut menjawab: “Ia”

Abdullah bin umar ra: “Apakah kamu menginginkan surga untuk memasukinya

Orang  tersebut menjawab: “Ia”

Kemudian Abdullah bin umar ra bertanya lagi: “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?”

Orang tersebut menjawab: sesungguhnya bersamaku, ibumu

Kemudian,,,

Abdullah bin Umar ra mengatakan : sesungguhnya jika kamu berkata yang lembut pada ibumu, memberikan makan kepada ibumu. Maka kamu akan masuk ke dalam surga. Selama engkau menjauhi dosa-dosa besar.

 

Para pemirsa sekalian. Hormatilah kepada orang tua karena orang tua adalah jalan kunci untuk mendapatkan surga Allag subhanahu wa ta’ala.

 

Wallahu ‘alam… selamat berbakti…

 

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

 

Durasi: 00:07:41
Pemateri:
Pencatat: Khoir Bilah on 04 May 2016
Editor: