Gara-gara Tukang Adu Domba – Bung Rayyan

Disebutkan bahwa seseorang mendatangi amirul mukminin umar bin khattab ra. Lalu dia ingin memanas-manasi antara umar dengan sahabatnya. Ia mengatakan sesuatu yang buruk tentang  sahabatnya. Ia mengobarkan amarahnya umar, ia memanas-manasi umar.

 

Tetapi ketika orang ini selesai berbicara. Umar menundukkan pandangannya lalu mengatakan hai saudara jika kamu mau akan kami penuhi urusanmu dan akan kami selidiki ceritamu, jika kamu berbohong maka kamu termaksud ayat,

 

“Wahai orang-orang beriman, jika datang orang fasih kepadamu dengan membawa suatu berita, maka selidikilah jangan sampai engkau mencelakakan suatu kaum karena kebodohanmu sedangkan naninya engkau akan menyesal”

 

Lalu jika engkau tidak berdusta. maka kamu masuk dalam ayat,

 

“Dan jangan engkau patuhi orang-orang yang suka bersumpah, suka menghina, suka mencela dan kesana kemari membawa fitnah”

lalu Umar melanjutkan,

“ jika kamu mau, maka akan kami ampuni engkau dan engkau meninggalkan kami dan jangan duduk bersama kami karena engkau bukan teman duduk orang-orang mukmin”

 

Lalu orang tersebut menyesal dan meminta maaf kepada amirul mukminin ‘Umar bin khattab’ dan meninggalkan majelis hina dengan hina dan malu.

 

Durasi: 00:02:17
Pemateri:
Pencatat: Khoir Bilah on 04 May 2016
Editor: