Posted in Akhlak
Comments Post a Comment

Ubah Sikap Apa Salahnya – Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Bagaimana kita mengajarkan kepada masyarakat yang masih berpegang dengan cara-cara seperti itu ya kan?

 

:  Masyarakat sebetulnya mengikuti apa yang mereka biasa di ajarkan. Kalau biasa mereka di ajarkan seperti itu mereka akan terus demikian karena itulah yang mereka tau dan itu yang mereka yakini , tetapi kalau kita biasa mengajarkan kepada mereka As-sunnah maka mereka akan terbiasa dengan sunnah dan meninggalkan cara lama.

Paham sampai disitu?

Jadi, masyarakat pertama itu mengerjakan apa yang biasa mereka terima, apa yang biasa mereka di ajarkan dan itulah yang mereka amalkan, sekarang untuk merubahnya kita biasakan mereka dengan sunnah, sabda Rasul saw, firman Allah terus di ajarkan sehingga itu jadi mendarah daging, jadi melekat dan jadi terbiasa. lisan mereka akhirnya terbiasa dengan sunnah, sunnah, sunnah, sunnah, sunnah.

 

terjadilah perubahan sedikit demi sedikit , itu cara yang pertama untuk merobah. Memperbanyak sunnah, menjelaskan sunnah terus-menerus karena tidak ada istirahat bagi seorang mu’min kecuali mati. Apalagi bagi seorang da’I.

 

Terus di biasakan masyarakat itu di perkenalkan sunnah, ada hadits seperti ini sabda Rosululloh SAW, terus, itu cara yang pertama. Sehingga sunnah lebih banyak mereka mendengar dari yang lainnya. Kalau berita bohong setiap hari di sebarkan maka orang yakin berita bohong itu adalah kebenaran. Itu yang mereka tau padahal berita itu bohong.

 

Kemudian yang kedua kita memberikan pelajaran ‘ilmu, menjelaskan tentang ’ilmu karena mereka kurang ‘ilmu, banyak yang mereka tidak tau.

 

Kemudian yang ketiga senantiasa kita memberikan kepada mereka kitab-kitab para ‘ulama atau memperdengarkan kepada mereka ceramah-ceramah sunnah, pertemuan-pertemuan sunnah seperti ini dan kitab itu sangat bermanfaat sekali karena itu di Malaysia ini perlu memperbanyak kitab-kitab sunnah, di perbanyak penjualan di toko-toko nya supaya orang mudah, kemudian ada orang-orang yang menginfakkan hartanya membeli kitab-kitab itu untuk di bagi-bagikan kepada masyarakat sebagian karena kitab itu sangat bermanfaat sekali, dia baca sendiri di rumah.

 

mudah-mudahn Allah memberikan hidayah. Kasih hadiah kita yakni kita berusaha mengembalikan mereka kepada fitrahnya. Itu beberapa jalan insya Allah.

 

Durasi: 00:05:30
Pencatat: Khoir Bilah on 29 April 2016
Editor:

Leave a Reply

Scroll to top
Shares
%d bloggers like this: