Ceramah Singkat : Mengikuti Rasul Seutuhnya – Ustadz Indra Abu Umar

Alhamdulillah. asholatu wassalamu ala Rasulillah wala alihi wa ash habihi wa man tabi’ahum ila yaumil qiyamah. 

Saudaraku Ikhwani fiddin a’aazaniyallahu wa iyyakum
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al qur an:

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا ۚ 


“apa-apa yang datang kepada kalian dari Rasul maka ambillah semuanya dan apa-apa yang Beliau larang maka tinggalkanlah semuanya”.

Adalah para Sahabat Nabi Shallallahu alayhi wassallam tatkala mereka memahami ayat ini kita lihat bahwasanya mereka tidak pernah kemudian memilah-milahkan semua perintah yang datang dari Rasulullah Shallallahu alayhi wassallam apapun itu bentuknya baik berupa perkara yang wajib ataupun perkara yang sunnah begitu juga mereka tidak pernah memilah-milah semua larangan dari Rasulullah Shallallahu alayhi wassallam apakah bersifat haram ataupun makruh maka tatkala mereka berhenti pada ayat ini, semua yang datang dari Rasul perintah mereka kerjakan, semua yang datang dari Rasul larangan mereka tinggalkan. maka lihatlah hasilnya mereka menjadi sebuah generasi manusia yang terbaik yang mewariskan kebaikan itu dari setiap masa.

Maka ini adalah inti dari agama kita bahwasanya utuhlah kita dalam kita menjalankan ketaatan kepada Allah Subhanahu wata’ala jangan pernah kita memisahkan apa yang datang dari Rasulullah Shallallahu alayhi wassallam apakah wajib atau sunnah dan janganlah kita memisahkan apa yang dilarang Rasulullah Shallallahu alayhi wassallam apakah yang haram atau makruh.

Mari setiap itu perintah kita kerjakan semampu kita dan mari kita tinggalkan semua larangan sejauh-jauh mungkin semampu yang bisa kita laksanakan.
Baarakallahu fiikum.

assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Durasi: 00:02:35
Pemateri:
Pencatat: Ibnu Bambang on 28 April 2016
Editor: Ahmad Zawawi

Leave a Reply