Jangan Tinggalkan Sholat Malam Ustadz Hadid Saiful Islam

Saudaraku kaum muslimin. Rahimani warahimakumullah yang dimuliakan Allah subhana wa ta’ala. Rasul kita tercinta nabyallah salallahu ‘alaihi wassallam yang tercinta beliau pernah ditanya oleh istri beliau yang bernama ‘Aisyah rodhiyalllahu ta’ala anha.

Pada saat ‘Aisyah rodhiyalllahu ta’ala anha beliau mendapati nabi salallahu ‘alaihi wassallam selalu melaksanakan sholat malam. ‘Aisyah pun mengatakan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam ‘bukankah engkau telah diampuni dosanya, bukankah engkau telah diampuni dosamu oleh Allah? baik dosa yang lalu maupun dosa yang akan datang. ‘Aisyah mengatakan begitu, itu karena melihat nabi salallahu ‘alaihi wassallam selalu tiap malam melaksanakan sholat malam. hingga kaki-kaki beliau ini bengkak-bengkak maka Rasulullah salallahu ‘alaihi wassallam mengatakan kepada ‘Aisyah ‘’tidaklah pantas jika aku ini menjadi hamba yang bersyukur kepada Allah subhana wa ta’ala’’.

Saudaraku kaum muslimin Rahimani warahimakumullah.
rosulullah salallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan kepada kita untuk bersyukur kepada Allah subhana wa ta’ala dengan melaksanakan ibadah. Rasulullah salallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan kepada kita untuk sholat malam. sholat di sepertiga malam yang terakhir disaat Allah subhana wa ta’ala turun ke langit dunia.

Barang siapa yang memohon ampunan maka Allah subhana wa ta’ala akan mengampuni barang siapa yang memohon pertolongan maka Allah subhanahu wata’ala akan memberikan pertolongan kepada hambanya dan barang siapa bertaubat dari berbagai macam dosa yang ia pernah perbuat maka niscaya Allah subhana wata’ala akan menerima taubat hambanya. kesempatan ini saudaraku kaum muslimin ada di saat malam hari. disaat manusia diperintahkan untuk melaksanakan sholat tahajud.

Allahu robbul’alamin berfirman dalam surat as sajadah ayat ke (16) Allahu robbul’alamin mengatakan تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ

mereka orang-orang yang beriman mereka para sahabat nabi salallahu ‘alaihi wassallam adalah orang- orang yang pada malam hari mereka punggung-punggung mereka itu jauh dari tempat-tempat tidur mereka. ini adalah gambaran orang-orang sholeh terdahulu memanfaatkan malam malam hari mereka.

Mereka bangun disaat malam hari ditengah kebanyakan manusia memilih tidur orang yang beriman lebih memilih untuk melaksanakan sholat menghadap Allah robbul’alamin, Melaksankan sholat tahajud bersujud kepada Allah subhanahu wata’ala.

Saudaraku kaum muslimin.. sesungguhnya keadaan manusia yang paling dekat, posisi manusia yang paliang dekat kepada Allah tabaroka wa ta’ala adalah pada saat ia bersujud. maka pada waktu ia bersujud gunakan, digunakan waktu bersujud itu banyak berdoa kepada Allah apalagi bersujud di sepertiga malam yang terakhir, Bersujud disaat Allah subhana wa ta’ala nuzul, Bersujud diwaktu Allah subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia.

Saudaraku kaum muslimin laksanakanlah sholat malam, gunakan kesempatan yang baik, untuk memohon pertolongan kepada Allah, untuk meminta ampunan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, untuk bertaubat atas dosa-dosa yang kita perbuat.

Saudaraku kaum muslimin rohimani warohimakumullah yang di muliakan oleh Allah subhana wa ta’ala Sesungguhnya sholat malam akan menjadikan hati kita ini tenang, sesungguhnya sholat malam adalah cahaya bagi orang-orang yang beriman, Sesungguhnya sholat malam itu akan menghapuskan dosa dosa yang kita berbuat, Sesungguhnya sholat malam itu akan menjadikan hati kita tambah takut, lebih tambah cinta, terasa khusyu kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka saudaraku kaum muslimin gunakan malam-malam yang indah bermunajat kepada Allah dengan melaksanakan sholat malam. segeralah tidur apabila selepas isya’ tidak ada lagi kegiatan-kegiatan,maka hendaklah kita tidur sehingga kita bisa bangun tengah malam. dengan badan yang segar! gunakan siang hari sedikit waktu untuk tidur, sehingga malam hari kita bisa bangun malam dengan badan yang segar.

Jauhilah perbuatan-perbuatan maksiat saudaraku! karena sesungguhnya perbuatan maksiat akan menghalangi diri kita untuk mudah bangun pada waktu malam juga tidak ketinggalan jangan sampai masuk ke perut kita makanan-makanan yang haram. sesungguhnya ini akan mempersulit diri kita untuk bangun bermunajat dimalam hari kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Sedikit yang saya sampaikan ini semoga bermanfaat bagi saudara-saudaraku kaum muslimin, saya mengajak diri saya pribadi dan seluruh saudaraku kaum muslimin,,, mari! mari menjumpai allah ditengah malam, mari kita berusaha dan berupaya supaya kia menjadi penghuni surga Allah subhanahu wa ta’ala masuk surga Allah dengan selamat jika kita ingin selamat kerjakanlah sholat malam.

Aqulu qouli hadza

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

Durasi: 00:06:58
Pencatat: Khoir Bilah on 12 April 2016
Editor:

Leave a Reply