Posted in Akhlak
Comments Post a Comment

Tips Memilih Teman – Ustadz Mizan Qudsiah, Lc.

Akhi fillah, saudaraku yang ku cintai karena Allah subhanahu wa ta’ala, Manusia diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala bukan seorang diri, dia adalah makhluq sosial, dia membutuhkan kawan, dia akan hidup bertetangga, dia akan hidup bermasyarakat, dia akan hidup bernegara, namun orang yang pintar dan orang yang cerdas dan orang yang pandai adalah orang-orang yang mampu memilih kawan.

sebab apa?

Pepatah arab mengatakan,

 

“kawan itu entah dia akan menarikmu atau engkau akan menariknya “

 

pandai-pandailah mencarinya , sebab apa? Allah subhanahu wa ta’ala sebutkan jikalau kita tidak pandai memilih kawan itu akan menjadi musuh kita. Allah berfirman: “kawan dan teman pada hari kiamat akan menjadi musuh satu sama lainnya kecuali perkawanan itu atas dasar ketaqwaan kepada Allah subhanau wa ta’ala.

 

Maka baginda Rosululloh SAW memberikan nasehat dan wejangan bagaimana kiat kita, bagaimana tips kita ketika kita memilih kawan dalam bentuk perumpamaan nabi SAW menyatakan :

 

”perumpamaan teman duduk yang baik , kawan yang baik dan kawan yang buruk adalah seperti berteman dengan penjual minyak wangi dan berteman dengan pandai besi “

 

penjual minyak wangi kalau kita berteman dengannya entah kita akan membeli darinya atau kita akan dicolekin atau minimal kita akan kecipratan wangi-wanginya, tapi teman duduk yang buruk yang di umpamakan diibaratkan oleh nabi SAW seperti apa ? seperti pandai besi, apa kata nabi? Entah dia akan membakar pakaian mu atau minimal engkau akan tertimpa atau terkena bau busuk.

 

pandai-pandailah mencari kawan, pandai-pandailah mencari teman dan teman ini yang baik adalah dialah yang membantumu dalam kebaikan, dan dia menasehatimu ketika engkau salah dan dia tidak mencibirmu atau mencelamu ketika engkau melakukan sesuatu kekurangan atau kesalahan, dan dia pun memaafkanmu kawan dan teman entah akan menggiring kita kepada kebaikan atau menggiring kita kepada keburukan, berbahagialah berteman dengan orang-orang yang baik, namun celaklah dan rugilah orang-orang yang berkawan dengan orng-orang yang buruk.

 

Temannya rosul SAW manusia yang terbaik, yang Allah subhanahu wa ta’ala telah pilih mereka yang disebut oleh ibnu mas’ud “Allah subhanahu wa ta’ala lihat hati para sahabat adalah hati yang paling baik maka Allah SWT memilih mereka untuk menemani nabinya.

 

Aqulu qowli hadza, wa shollallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam wa aakhiru da’wana ‘anil hamdulillahi robbil ‘alamin.

 

Durasi: 00:04:57
Pemateri:
Pencatat: Khoir Bilah on 28 April 2016
Editor:

Leave a Reply

Scroll to top
Shares
%d bloggers like this: