Apakah Jika Keluar Rumah Istri Harus Izin Suami – Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Assalamu’alaikum ustadz,,

: Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,,

Bagaimanakah kebiasaan istri-istri para sahabat nabi SAW? Apakah setiap mereka keluar rumah di temani mahromnya walaupun jaraknya dekat?

: Jawabnya tidak kecuali safar, yang di temani mahrom itu, yang harus dan wajib di temani mahrom yaitu ketika safar, apabia tidak masuk safar dan perjalanan aman maka tidak harus di temani mahromnya. Para shohabiyah keluar sesuai dengan hajat mereka, keperluan mereka tanpa di temani mahrom.

 

Istri Nabi salah satu contohnya saja(banyak dalilnya), Shofiyah radhiallahu ta’ala ‘anha keluar dari rumahnya sendiri menjenguk Nabi yang sedang I’tikaf di masjid, kan sendiri dia keluar dari rumahnya walaupun rumahnya dekat dan pulangnya juga sendirian dan Nabi SAW menemani sampai pintu masjid dan banyak dalil yang lain, selama tidak safar maka tidak harus di temani mahromnya.

 

Dan apakah istri harus minta izin kepada suami setiap kali keluar rumah walaupun jarak dekat?

: Izin ada yang bersifat khusus setiap kali akan keluar apabila di perlukan, ada yang bersifat umum (saya setiap hari ke pasar) di izinkan oleh suami maka tidak perlu setiap hari dia minta izin. Ada yang harus setiap dia keluar dia minta izin karena istri terikat dengan suami dan suamilah sebagai pemimpinnya.

Durasi: 00:03:04
Pencatat: Khoir Bilah on 28 April 2016
Editor:

Leave a Reply