Posted in Aqidah
Comments Post a Comment

Orang yang Terbelenggu Hatinya – Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Ma’syarol muslimin rohimakumulloh.. sebab utama yang menjadikan manusia terhalang dari segala kebaikan, sebab utama yang menjadikan manusia terkungkung dalam kesalahan, dalam keburukan adalah dua, karena mereka tidak mengenal Allah swt dengan sebenarnya.

 

Dan karena mereka terbiasa untuk selalu perturutkan hawa nafsu. Jadi dua sebab inilah yang menjadikan seseorang sulit untuk mencapai kebaikan dan menjadikannya selalu terbelenggu dalam keburukan-keburukan yang  tidak akan ia lepas darinya.

 

Oleh karena itulah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullahu ta’ala dalam sebuah ucapannya yang pantas ditulis dengan tinta emas.

 

Beliau pernah mengatakan,

Orang yang terpenjara adalah orang yang di penjara, terhalangi hatinya dari mengenal Allah swt, Terpenjara hatinya dari mengenal tauhid, mengenal keimanan yang benar, mengenal cara berkayakinan , cara bersikap dihadapan Allah swt dengan sebenarnya”

 

Yang ke dua, Orang yang terbelenggu, orang yang tertawan adalah orang yang di tawan oleh hawa nafsunya.

 

Maka dua hal ini jika kita tidak usahakan untuk segera kita benahi dalam diri kita. Maka salama-lamanya kita tidak akan mencapai kebaikan dalam hidup kita, terlebih-lebih di akhirat nanti.

 

Allah swt berfirman dalam Al-qur’an,

 

“Dan janganlah kalian menjadi seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah, tidak mengetahui cara beriman kepadanya, tidak mengetahui tauhid yang benar kepadanya. Sehingga Allah swt jadikan dia lupa kepada dirinya sendiri, lupa pada kebaikan, lupa pada tujuan hidupnya lupa kepada segala sesuatu yang membawa kemulian dan kebaikan untuk hidupnya di dunia dan di akhirat”

 

Semoga Allah swt memberikan manfaat kepada kita, untuk selalu kembali kepada petunjuknya dalam upaya mengnal Allah swt dan memperbaiki keburukan-keburukan dalam hawa nafsu kita.

 

Wa bilahi taufiq walhidayah

 

Durasi: 00:02:40
Pemateri:
Pencatat: Khoir Bilah on 28 April 2016
Editor:

Leave a Reply

Scroll to top
Shares
%d bloggers like this: