Apakah Berjenggot Dapat Mengurangi Kecerdasan… – Ust. Abdullah Taslim

Ustadz apakah ada hubungan kecerdasan dengan jenggot? Kalau ada kenapa Rasulullah SAW mensunnahkan memelihara jenggot?

:Ya saya katakan tadi oranag yang mengatakan semakin panjang jenggotnya semakain goblok, wallahi dia yanag goblok, orang tersebut adalaha orang yang goblok karena ini adalah pelecehan terhadap sunnah Rasulullah SAW

 

. Permasalahannya ma’asyaral ikhwah wa akahwat fid diin a’azzakumullah ucapan seperti ini bukan sekedar ucapannya, orang yang mengucapkan seperti ini kita ketahui dia adalah orang yang mengetahui sunnah Rasulullah SAW, orang yang punya pendidikan islam bahkan dulunya dia sendiri pelihara jenggot karena orang itu kalau kuliah di Makkah dan di Madinah harus menampakkan penampilan yang sesuai dengan sunnah.

 

tidak tau apa yang terdapat dalam hatinya ya apakah dia mencari gelar ataukah yang lainnya yang jelas harus dia menampakkan penampilan sunnah.

 

Orang  yang seperti ini keadaannya dia sudah mengetahui kemudian dia menghinakan dengan penghinaan seperti ini sangat di khawatirkan masuk ke dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala;

“ katakanlah apa terhadap Allah, ayat-ayat nya dan terhadap rosulnya kalian berani memperolok-olok , jangan kamu minta maaf, sungguh kamu telah kufur setelah beriman”

 

salah satu di antar pembatal islam yang di terangkan oleh para ulama’ di antaranya oleh Al-imam Muhammad bin abdul wahhab adalah mengolok-olok sunnah Rasululloh SAW.

 

beda kalau kita mengolok-olok orang ya, misalnya ada orang yang berpegang teguh dengan sunnah, orang tersebut kita tidak suka akhlaqnya misalnya ucapannya kasar, kita menghina dia, ah orang itu kasar karena memang ini hubungannya dengan akhlaq orang tersebut bukan karena kebaikan yang di lakukannya tapi ini yang di olok-olok adalah kebaikan yang menyeluruh. Rosululloh SAW melakukannya, Abu bakar As-shiddiq melakukannya, Umar ibnul khottob. di perolok-olok  dia saja sudah di khawatirkan kena ayat ini apalagi di katakana goblok, semakin panjang jenggotnya semakin goblok, na’udzubillah min dzalik .

 

Allah berfirman: ‘’sangat besar kotornya kalimat yang keluar dari mulut-mulut mereka tidak lain mereka mengucapkan ucapan yang dusta’’ na’udzubillah min dzalik . makanya ini termasuk melecehkan atau memperolok-olok sunnah Rosululloh SAW.

 

bahkan perbuatan orang-orang yang mengikuti sunnah Rasulilloh SAW, maka hendaknya orang tersebut bertaubat kepada Allah dan kita mendo’akan semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan hidayah kepaanya untuk kembali ke jalan yang benar.

 

Durasi: 00:03:02
Pemateri:
Pencatat: Khoir Bilah on
Editor:

Leave a Reply