Laksana Hujan di Telaga Hati – Ustadz Abuz Zubair Hawaary, Lc

Assalamu’alaikum wa  rahmatullahi wa barakatuh.

 

Saudaraku-saudariku cobalah perhatikan! ketika hujan turun membasahi bumi. Airnya mengisi dan memunuhi sungai-sungai serta lembah, lalu menghanyutkan sampah-sampah.

 

sehingga kehidupanpun bersemi indah nan serasa nan serasi. Itulah perumpamaan wahyu al-qur’an maupun sunnah. laksana hujan yang membasahi bumi mengisi sungai-sungai, telaga-telaga yang kering, lalu menumbuhkan kehidupan. Indah…

 

Nah hati laksana telaga, dan wahyu Al-qur’an dan Assunnah petunjuk Al-qur’an dan sunnah adalah hujan yang membasahi telaga hati , mengisi dan mengairinya. hati yang lapang, hati yang besar dan luas akan menampung ilmu dan petunjuk yang banyak, sebaliknya hati yang sempit hanya bisa menampung sesuai dengan ukuran dan kadarnya. Ketika telaga-telaga dan sungai berisi air yang berlimpah maka dia akan menghanyutkan sampah-sampah. sehingga tinggallah air yang bening dan bersih.

 

Demikian juga wahai saudara-saudari kaum muslimin dan muslimat ketika hati dipenuhi oleh kebenaran, diisi dengan petunjuk dari Al-qur’an dan Ashshahiha maka petunjuk yang memunuhi hati akan menghanyutkan sampah-sampah syubhat dan syahwat. Keluar dari hati tersebut sehingga hati menjadi bening, bersih. Dipenuhi oleh kebenaran. hilanglah syubhat, lenyaplah syahwat. Alangkah indahnya perumpamaan yang diberikan oleh Allah swt di dalam al-qur’an. Tatkala Allah Swt berfirman :

 

“Dialah Allah yang menurunkan hujan dari langit, lalu mengisi dan mengairi sungai-sungai lembah-lembah sesuai dengan ukurannya. Kemudian air tersebut menghayutkan sampah-sampah”

 

Saudaraku-saudariku jadikan hatimu laksana telaga yang luas, besar untuk menampung petunjuk dari Al-qur’an dan sunnah yang akan mengisinya. Semuoga Allah swt memberikan kita pada petunjuk. Menjadikan kita besar dan lapang untuk menampung kebenaran, wahyu Al-qur’an dan As-sunnah.

 

Durasi: 00:04:30
Pencatat: Khoir Bilah on 25 April 2016
Editor:

Leave a Reply