Ada apa dengan pelukis Ust Syafiq Reza Basalamah

Mengapa para pelukis di panggil oleh neraka? Oh ya, berkaitan dengan gambar di masa dulu belum ada foto. Yang ada gambar.

 

Rasulullah saw tu melaknat mushowwirin, Allah tu melaknat dan benci orang-orang yang melukis dan menggambar. Dalam hadits-hadits riwayat bukhari muslim. Banyak sekali tu haditsnya. Karena mereka menyerupai ciptaan Allah. Ini yang bernyawa, melukis yang bernyawa.

 

Silahkan kau lukis! subhnallah…

Ini aturan dari Allah. Allah yang menciptakan, Allah yang memberikan kepada kamu kemampuan untuk melukis.

 

Orang yang memberikan kepadamu seni untuk menggambar atau macam-macam. Tapi ada aturannya dalam islam!

 

Kau boleh melukis semua ciptaan Allah, kecuali yang bernyawa!

Tapi muncul manusia-manusia libera. Ente kenapa sigh.. subhanallah. Klo antum masuk ke perusahan.

perusahan ngomng sama antum : Ente masuk perusahaan gak boleh pakai baju hitam harus baju putih. Kira-kira pantes antum tanya : ‘kenapa kok gak boleh?’…  pantes antum tanya? Di usir antum.

 

Orang daftar sudah ngantri yang daftar. Ketika dikatakan ente pakai baju putih. ‘Siap saya pakai baju putih’. Na’am .. Alhamdulillah saya di terima kerja di tempat itu. Antum akan bersyukur.

 

Maka ketika ada aturan dari Allah. Laksanakan. Kalau bicara hikmah salah satu hikmahnya dia itu menyurupai ciptaan Allah. Allah gak suka. Karena sebagian orang ketika melukis yang bernyawa dia akan melihat. Allah,,, seperti aslinya ya. bahkan lebih bagus dari aslinya. Na’am ada yang seperti itu. Maka akan di minta pada hari kiamat dia untuk meniupkan ruh.

 

Itu yang berkaitan dengan gambar

 

Adapun foto maka ada khilaf diantara para ulama yang satu menyamakan foto dengan gambar yang satu mengatakan tidak foto tidak sama dengan gambar, karena foto itu mengambil gambar asli.

 

Tapi sekarang sudah ada orang-orang yang mengedit foto.Iya.. hati-hati karena memang kalau itu pendapat yang prtama sama. Karena edit foto itu sudah mulai merubah dia rubah macam-macam seperti ini. kalau dirubah backgroundnya gak apa-apa orangnya dirubah yang warnanya gelap.

 

Eh… Tau-tau masya Allah, jadi putih banget, ente di edit foto… maka hati-hati antum, kalau foto. Ana kadang kala habis ustadz kajian.

Ustadz..ustadz, numpang foto… ana ya Allah,,, hati itu gak kepingin jama’ah.

 

Ana sudah di nasehati rektor kita di kampus : ‘ente syafiq jangan foto-foto sama jama’ah’

Karena ada istilah ustad jadi artis.. jangan lah.. antum, kalau ustadznya keluar jangan di foto. Ana mintalah, minta tolong., walaupun ana melihat foto itu tidak seperti gambar. Tapi para ulama mengatakan foto itu kalau ada kebutuhan-lah Antum.

 

Ada ibu-ibu.. subhanallah,,, ibu-ibu nih kalau lagi kumpul kerjanya foto, ayo, sini-sini ooo…

Ana kadang lihat, ‘ngapain kata ana’.

Coba berdzikir, istighfar. Dapat pahala tuh…

 

Maka tolong, termaksud kesempurnaan islam seseorang itu meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat.

 

Kalau ada manfaatnya, kiranya antum dapat foto sama ana bisa nakut-nakutin tikus di rumah antum. Ya gak apa-apa antum foto sama ana, antum taro gitu. Gak apa-apa…

Tapi kalau gak ada faedahnya…

 

Durasi: 00:03:59
Pencatat: Khoir Bilah on
Editor:

Leave a Reply