Posted in Aqidah
Comments Post a Comment

Penyejuk Hati – Ustadz Abdullah Taslim, MA.

Ma’syarol muslimin rahimakumullah.

Qurrotul ain, penyejuk hati, penghibur jiwa atau  permata hati. sesuatu yang didambakan oleh insan di dunia, sesuatu yang di inginkan untuk memudahkan manusia selalu meraih kebahagian dalam hidup mereka.

 

Tahukah kita?

Allah subhanahu wa ta’ala yang menciptakan manusia dengan sifat-sifat ke maha sempurnannya telah menjadikan sebab, telah menjadikan jalan yang sangat sesuai dengan kebutuhan hati manusia yang diciptakannya agar mereka bisa merasakan sebab yang menjadikan kesejukan hati yang menjadi penghibur jiwanya.

 

Allah subhanahu wa ta’ala yang menciptakan kita maka dialah yang lebih tau tentang cara membahagiakan diri kita lahir dan batin dan dialah yang maha kuasa untuk menjadikan penghibur jiwa, penyejuk hati bagi manusia Allah subhana wa ta’ala berfirman, (al mulk 14)

 

Bukankah Allah yang menciptakan alam semesta beserta makhluk didalamnya yang lebih tahu, tahu keadaan mereka, tahu cara memperbaiki mereka, tahu membahagiakan mereka lahir dan batin.

Dan dia maha halus, maha lembut lagi maha terperinci pengetahuannya… didalam ayat-ayat Al-qur’an dan hadits-hadits Rasulullah salallahu  ‘alaihi wa sallam. Paling tidak ada 3 gambaran tentang bagaimana seorang hamba bisa meraih atau mengusahakan bagi dirinya yang namanya kesejukan hati atau permata hati yang di kenal dalam istilah syariat dengan Qurotul ayyin atau quratul uyyun. Penyejuk mata yang kemudian turun ke hati.

Yang pertama tentu saja kenikmatan tertinggi di akhirat nanti yaitu kenikmatan surge. Kenikmatan yang Allah subhanahu wa ta’ala jadikan balasan bagi orang-orang beriman. Allah subhana wa ta’ala berfirman dalam surat as sajadah : 17 :

 

Tidak Ada satu jiwa pun yang mengetahui apa yang Allah sediakan bagi mereka bagi kenikmatan yang menyejukkan matanya menghibur hatinya, penyejuk bagi jiwanya sebagai balasan dari apa yang mereka kerjakan di dunia ini

 

Qurotul ayyin disini tentu adalah puncak dari sebuah kebahagian, puncak dari semua keindahan yang akan dirasakan penduduk surga di akhirat nanti. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala mudahkan kita termasuk golongan penghuni surge dengan taufiq dan karunianya. Makanya penduduk surge adalah orang yang paling sejuk hatinya sehingga terpancar pada wajah mereka, terpancar keindahannya pada penampilan fisik mereka. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : fiwujuhihim nadhrotan na’im

 

Kamu akan melihat pada wajah wajah mereka pancaran kenikmatan kebahagian yang ada didalam hati mereka dalam ayat yang lain surat al insane Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

Fawaqolahumukullahu..nadhratan sururo

 

Maka Allah menjaga mereka dari keburukan pada hari kiamat menjaga mereka penghuni surge orang-orang yang beriman dari keburukan pada hari kiamat dan Allah anugerahkan untuk diri mereka NADHROTAN kecerahan pada wajah rasa bahagia yang terlihat pencarannya pada fisik WASURURO dan kegembiraan dalam hati.

 

Inilah Qurotul ayyin yang tiada taranya dan untuk inilah orang-orang yang beriman yang mengetahui, meyakini kenikmatan yang tiada bandingnya ini berlomba-lomba untuk mendapatklan dan mengambil bagian yang besar dengan amal sholeh di dunia untuk meraih kenikmatan tersebut

 

Hadirin sekalian rohimakumullah, jamaah kaum muslimin rohimakumullah

Yang kedua adalah Qurottul ayyin yang merupakan surga dunia, penyejuk hati yang sekaligus merupakan surge di dunia yaitu kenikmatan iman, kenikmatan beribadah kepada Allah swt, kenikmatan ketika berdzikir membaca Al-qur’an dan melaksanakan ketaatan kepadanya, belajar agamanya belajar tauhi belajar iman inilah yang di gambarkan di syaratkan Rasul saw ketika beliau menyebutkan tentang sholat yang merupakan munajat seorang hamba dengan Rabbnya Rasulullah saw bersabda, dalam hadits shahi riwayat imam Ahmad dan An-Nasa’I,

 

“Dijadikan penyejuk hatiku ketika menunaikan sholat ketika bermunajat kepada Allah subhana wa ta’ala”

 

Rasul saw bersabda,

 

Jika salah seorang dari kalian berdiri menunaikan sholat sungguh dia sedang bermunajat bertemu dengan Allah berkomunikasi dengan Allah. maka hendaknya kita melihat masing-masing diri kita melihat bagaimana sikap kita waktu bermunajat kepada Allah subhana wa ta’ala. Inilah hakikat kesejukkan hati permata hati yang sebenarnya. Penghibur jiwa yang sesungguhnya. Ibadah yang dilakukan dengan iman yang benar, Ibadah yang dilakukan dengan pengetahuan tentang keindahan nama-nama Allah dan kesempurnaan sifat-sifatnya.

 

Inilah sebab yang menjadikan orang yang beriman di dunia telah merasakan surga yang dengan itu mereka akan termotivasi untuk meraih surga di akhirat karena gambarannya seperti yang ada di dunia.

Ibnu thaimiya rohima pernah mengungkapkan,

 

“Sesungguhnya di dunia saat ini ada surga, taman kenikmatan, kebahagian hati, kesejukan jiwa yang barang siapa belum masuk ke dalam surge di dunia ini, maka dia tidak akan masuk surga di akhirat kelak”

 

Qurottul ayyin yang ketiga adalah qurottul ayyin yang di sebutka dalam firman Allah subhana wata’ala tentang orang-orang yang beriman yang mereka ungkapkan dalam doa permohonan kepada Allah dalam surat Al furqan Allah subhana wa ta’ala mengunggkapkan doa mereka :

 

“Ya Allah anugerahkanlah kepada diri kami, pada diri istri-istri dan angota keluarga kami, anak anak keturunan kami, jadikanlah mereka sebagai qurottul ayyin penyejuk hati kami, penghibur jiwa kami dan jadikanlah kami sebagai panutat imam bagi orang-orang yang bertaqwa”

Artinya orang-orang beriman setelah dia merasakan kesejukan hati dengan beribadah kepada allah mendekatkan diri kepada Allah. Maka dia tidak ingin kenikmatan haqiqi ini berkurang akibat dari orang orang di sekitarnya orang orang yang dicintainya tidak mendukung kecintaan tersebut.

Makanya mereka berusaha untuk mengajak keluarganya, mengajak anak dan istrinya untuk ikut kepada islam, untuk meyakini aqidah yang benar, belajar tauhid, belajar keimanan , semangat menjalankan ketaatan kepada Allah.

 

Dengan itu dia akan sejuk hatinya, tenang jiwanya melihat anak dan istrinya taat kepada Allah. melihat semua berlomba-lomba dalam kebaikan yang dengan ini mereka semakin menyempurnakan kecintaan kepada Allah subhana wa ta’ala sebagaimana doa rasulullah salallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shohi,

 

Ya Allah aku memohon kepadamu, cinta kepadamu ya Allah, cinta kepada orang-orang yang mencintaimu dan cinta kepada semua amal yang mendekatkan diri kepada cinta kepadamu ya Allah.

 

Inilah qurottul ayyin, inilah yang kita minta, inilah sebab yang menjadikan hati kita selalu sejuk selalu dihiasi dengan hiasan keindahan Rasul saw mensifatkan iman yang sempurna sebagai zina dalam doa beliau,

 

Ya Allah hiasi kami hiasan keimanan, keimanan yang menjadikan permata.

Di dalam doa yang lain beliau mengungkapkan,

 

Dan aku mohon kepadamu ya Allah kenikmatan yang tidak pernah putus, kenikmatan yang kekal abadi di akhirat nanti dan qurattul ayyin penyejuk hati yang tidak pernah terputus yang di dapatkan oleh seorang hamba di dunia dan di akhirat nanti.

 

Semoga Allah subhana wa ta’ala memudahkan kita untuk selalu mendapatkan sebab-sebab yang memperbaiki diri kita menjadikan sempurnaan kebahagian kita, menjadikan jiwa kita selalu tenang, bahagia dalam kehidupan di dunia untuk kita akan mendapatkan kebahagian yang lebih sempurna lagi disisi Allah subhana wata’ala dengan taufik dan karunianya.

 

Demikianlah

Durasi: 00:11:24
Pemateri:
Pencatat: Khoir Bilah on
Editor:

Leave a Reply

Scroll to top
Shares
%d bloggers like this: