Suami Yang Penyayang Ustadz Dr. Syafiq Reza Basalamah, M.A.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسّلَامُ عَلىَ رَسُوْلِ اللهِ أَمَّا بَعْدُ؛

Dunia ini perhiasan. begitulah sabda Rosulullahi salallahu ‘alaihi wa sallam :
“Isinya kesenangan, kemewahan, kenikmatan”

 

Dan kita melihat manusia berlomba-lomba untuk mendapatkan perhiasan dunia ini.
tapi sebagian lupa ada sebagian perhiasan yang begitu indah di muka bumi ini bahkan itu perhiasan yang paling mahal. kata rosul salallahu ‘alai hi wassalam :
Dan sebaik baiknya perhiasan dunia adalah istri sholehah”

 

Semua bercita-cita, berangan-angan, untuk mendapat pendamping hidup yang sholeha. gimana sigh intro yang sholehah itu yang kata Rosulullahi salallahu ‘alaihi wasallam,
kalau kau memandang dia sejuk hatimu,
kalau kau memerintahkan satu perintah kepadanya dia patuh, dia taat kepadamu.
kalau kau sedang berpergian kalau kau sedang keluar kota, maka wanita itu akan menjaga kehormatan dirinya, dan akan menjaga hartamu

 

Itu pesan Rosulullahu ‘alaihi wassallam. tapi bagaimana cara kita mendapatkan istri yang sholehah, kita ni yang laki laki harus sholeh dulu. kita harus perbaiki diri kita, kita harus menjadi orang yang sholeh. kita harus berusaha mendekatkan diri kepada sang pencipta.

sehingga tatkala kita sholeh dan kita memohon kepada Allah istri yang sholeha, Allah akan berikan kepada kita. kalau seorang lelaki mengharapkan istri yang sholeha, para wanitapun mengharapkan suami yang sholeh. gimana tuh suami yang sholeh? suami yang sholeh itu, yang kata Allah subhana wa ta’ala : pergaulilah wanita wanita, istri istri kalian dengan cara yang ma’aruf. kalau kau benci sama istri kalian.

kalau kalian nih benci sama istri kalian, apa yang harus kita lakukan? suami yang sholeh tidak akan muda mengangkat tangannya, tidak akan cellar kata-kata. yang teruk darinya, tidak akan mengambil tindakan yang tidak benar.

Allah mengatakan,.

“Bisa jadi yang kalian benci. Allah menjadikan di dalamnya kebaikan yang banyak sekali”

 

maka jangan mudah-mudah mengatakan cerai kepada istrinya. orang tuanya menikahkan putrinya dengan harapan dia bahagia. harapan yang kau bisa memberikan cinta dan kasih sayang kepadanya dan itu harapan semua wanita. semoga dapat menjadi suami yang mencintai dan menyayangi istrinya.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Durasi: 00:04:24
Pencatat: Khoir Bilah on 13 April 2016
Editor:

Leave a Reply